dc.contributor.author | Susanti, Baiq Hana | |
dc.contributor.author | Sumargo, Fransisca S. | |
dc.contributor.author | Riandi | |
dc.date.accessioned | 2016-11-11T01:14:17Z | |
dc.date.available | 2016-11-11T01:14:17Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Anonim. 2015. Laporan hasil Evaluasi perkuliahan Zoologi Vertebrata tahun Ajaran 2014/2015. Laporan hasil Evaluasi Dosen. Jurusan Pendidikan IPA FITK UIN syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak dipublikasikan. Borg and Gall (1983), Educational Reseach, An Introduction. New York and London, Longman Inc. Campbell, A. (2002). A mind of her own: The Evolutionary Psychology of Women. Oxford: Oxford University Press. (Second Edition due 2012). Chaeruman. (2008). Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. Chaeruman. A. Uwes. 2009. Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar. Pusat Teknologi Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional . Jakarta: Kemdiknas. Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Competencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan. Purbo,W.O. (2002). Teknologi E-Learning. Jakarta: Elex Media Computindo. Reyzal Ibrahim. (2011). Model Pengembangan ADDIE, diakses melalui http://jurnalpdf.info/pdf/model- pengembangan-addie.html diakses tanggal 2 Maret 2012 jam 10.15 WIB. Rosita dan Pribadi,T. (2005). Prospek Komputer sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Universitas Terbuka (online) tersedia: http://www.teknologipembelajaran.net. (23 September 2011). Semiawan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Sholihati, E.R. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara. Sukardjo dan Lis Permana Sari. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015. Rencana Strategis 2015-2016 . UIN Jakarta (online) tersedia http//www.uinjkt.ac .id (5 Februari 2016). Wahid, F. (2005). Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa. Disampaikan dalam Simposium Nasional Peduli Pendidikan yang Diselenggarakan oleh pendidikan @yahoogroups.com di UII Yogyakarta. Widowati, H., dan Dasrieni Pratiwi. 2015. Peninjauan Instrumen Penilaian Otentik Mahasiswa dalam perkuliahan sebagai Upaya Penyiapan Generasi Unggul yang Berdaya Saing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi tahun 2015. Program Studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadaiyah Malang. Tidak diterbitkan. Wiley, D.A. (2000). Learning Object Design and Sequencing Theory. Disertasi. Brigham Young University | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7953 | |
dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kenyataan bahwa di dunia pendidikan, TIK
telah menjadi bagian dari perubahan secara radikal moda-moda penyampaian informasi
termasuk dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, program studi pendidikan biologi UIN
harus mulai mencoba merespon kemajuan tersebut dengan cara memulai mengembangkan
sistem perkuliahan yang berbasis TIK. Pengembangan program perkuliahan yang paling
mutakhir adalah e- learning yaitu salah satu model pembelajaran dengan menggunakan media
teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Didalam perkuliahan dengan sistem
tersebut, learning object menjadi sangat penting dan merupakan bagian yang paling utama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan program perkuliahan Vertebrata
berbasis learning object yang akan di uji cobakan kedalam perkuliahan dengan menggunakan
sistem e-learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research & Development) dengan menggunkan model ADDIE. Model ini
terdiri atas 5 fase atau tahap utama yaitu 1) Analyze (analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop
(Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Dengan
diaplikasikannnya program ini diharapkan mahasiswa dapat menggunakan TIK sebagai sarana
pembelajaran dan dapat mengembangkan bahan ajar yang berbasis TIK. Secara umum,
prosedur dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan dan
analisis data atau penyimpulan. Hasil penelitian meliputi tanggapan mahasiswa terhadap aspekaspek
learning object dengan sistem e-learning yang mencakup materi, desain media,
implementasi dan kualitas teknis. Lebih dari 70% mahasiswa menyatakan bahwa materi yang
diberikan mempunyai tingkat kesulitan yang sudah sesuai, jelas dan mudah dipahami, menarik
ketika disajikan dengan menggunakan LO, dan sudah sesuai dengan perkembangan kurikulum.
Dari segi aspek desain media, lebih dari 70% mahasiswa menyatakan bahwa desain media
tersebut sudah rapih dan tampilan media LO mempermudah dalam mendapatkan bagian-bagian
dari isi materi. Kemudian lebih dari 60% menyatakan bahwa komposisi warna LO sudah
menarik dan ukuran tampilan media LO dan teks yang disajikan sudah seimbang. Tanggapan
selanjutnya mengenai implementasi LO terkait kemudahan penggunaannya. 75% mahasiswa
menyatakan bahwa Aplikasi LO mudah untuk digunakan. Tanggapan terakhir mengenai
kualitas teknis dari LO yang diberikan. 60% mahasiswa menyatakan bahwa kualitas teks dan
warna LO sudah baik dan sesuai dengan kebutuhun materi. Selain itu, lebih dari 50%
mahasiswa menyatakan bahwa gambar, animasi, video, dan audio yang ditampilkan sudah
cukup baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Learning Object | in_ID |
dc.subject | Vertebrata | in_ID |
dc.subject | Research & Development | in_ID |
dc.subject | embedded concuren e- learning | in_ID |
dc.subject | pengembangan bahan ajar | in_ID |
dc.title | Pengembangan dan Implementasi Program Perkuliahan Vertebrata Berbasis Learning Object dengan Sistem E- Learning di Program Studi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |