• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan Penguasaan Konsep Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    82.pdf (547.3Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Daryanes, Febblina
    Sriyati, Siti
    Priyandoko, Didik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep dapat dilatih, dikembangkan, dan ditingkatkan melalui suatu model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep siswa SMA melalui implementasi Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one-group pretestposttest yang dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengat Riau. Pengumpulan data dilakukan melalui angket Habits of Mind awal dan akhir, angket Emotional Intelligence awal dan akhir, soal pretest dan posttest materi sistem ekskresi dan sistem saraf. Analisis data penelitian menggunakan nilai normalisasi gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Habits of Mind siswa setelah implementasi Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,53 berada dalam kategori sedang. Sejalan dengan itu, kemampuan Emotional Intelligence siswa juga mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,33 berada dalam kategori sedang. Kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,66 berada dalam kategori sedang, sedangkan pada materi sistem saraf mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,84 berada dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa implementasi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep siswa. Peningkatan kemampuan Habits of Mind, Emotional Intelligence, dan penguasaan konsep siswa di atas nilai standar 0,31 (N-gain sedang).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7957
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV