Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Vindri Catur Putri
dc.contributor.authorAl-Muhdar, Mimien H.I
dc.contributor.authorSuhadi
dc.contributor.authorSusilowati
dc.contributor.authorBudiningsih, Endang
dc.date.accessioned2016-11-15T01:49:47Z
dc.date.available2016-11-15T01:49:47Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAti, R. S., Trisoni, R., &Kurnia, L. 2014. Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendidikan Karekter Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan IPA, 1(1). Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta. 26 halaman. Dewan Ketahanan Pangan. 2009. Draf 4 Indonesia Tahan Pangan dan Gizi 2015. Dewan Ketahanan Pangan. Febriandari, E. I. 2015. Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Model Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 1(1). Purwanti, Ashari, & Saptana. 2012. Potensi dan Prospek Pemanfaatan lahan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30(1):13-30. Purwantini, T. B., Saptana, & Suharyono, S. 2012, Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Pacitan: Analisis Dampak dan Antisipasi ke Depan. Analisis Kebijakan pertanian, 10(3): 238256. Retalis, S. 2008. Comic in Education: State Of The Art. Sudjana, N & Rivai A. 2013. Media Pengajaran; Penggunaan dan Pembuatan nya. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Wahyuningsih, A. N. 2011. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP, 1 (2): 102-110. Waluyanto, H. D. 2005. Komik sebagai Media Komuniksi Visual Pembelajaran. Nirmana 7(1): 45-55. Yang, G. 2003. Comic in Education. Diakses dari http://www.geneyang.com/comicsedu/.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7976
dc.description.abstractBanyaknya gedung, pertokoan, dan perumahan yang berdiri ditengah kota akan berdampak pada berkurangnya lahan atau pekarangan rumah. Hal ini akan berdampak pada ketahanan pangan, ketersediaan lahan hijau dan jumlah oksigen. Upaya dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan mencanangkan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL). KRPL merupakan pemanfaatan lahan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan gizi dan pangan sehari-hari. Diperlukan suatu media yang digunakan dalam penyampain informasi mengenai program KRPL. Media yang digunakan yaitu komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media penyampaian informasi tentang KRPL. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek coba dalam penelitian ini meliputi ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan, dan kelompok kecil yang terdiri dari 10 siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisis pendidikan, dan kelompok kecil diperoleh presentase berturut-turut (1) 82,25%, (2) 87,16%, (3) 81,25%, dan (4) 89,79%. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan komik memiliki tingkat validitas sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkomikin_ID
dc.subjectmedia pembelajaranin_ID
dc.subjectKRPLin_ID
dc.titlePengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record