• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    89.pdf (475.0Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Nursyamsi SY
    Duran, Aloysius
    Susilo, Herawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecakapan berpikir adalah salah satu dasar keterampilan pendukung pada abad 21. Salah satu kecakapan berpikir adalah keterampilan berpikir kritis.. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa terlihat dari rendahnya siswa menjawab benar dalam Program For Internasional Student Assessment (PISA) 2012 dan menempati urutan 64 dari 65 negara. Dalam studi PISA (2012), siswa Indonesia lemah dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) seperti soal yang berhubungan dengan penyelesaian masalah kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran NHT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Non-equivalent Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muara Badak pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Dua kelas yang digunakan masing-masing berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dari tes menggunakan soal essai. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Anakova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Atas dasar perbandingan rerata terkoreksi diketahui bahwa strategi pembelajaran NHT memberikan pengaruh lebih besar yaitu sebesar 25,89%, dibandingkan pengaruh yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7978
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV