Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Biologi Siswa Kelas X SMAN 7 Malang
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Mahardika, Eka Arum Sasi
Suwono, Hadi
Indriwati, Sri Endah
Metadata
Show full item recordAbstract
ada abad 21, sains mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai permasalahan di kehidupan
sehari-hari tidak lepas dari sains, sehingga penting sekali untuk melatih kemampuan literasi sains pada
siswa. Berdasarkan studi PISA tahun 2012 dapat diketahui bahwa literasi sains Indonesia tergolong
rendah, yaitu berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Biologi merupakan salah satu salah satu cabang
ilmu dari sains. Biologi berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari, seperti makanan, kesehatan,
lingkungan, interaksi makhluk hidup, dan lain sebagainya. Penting sekali untuk memiliki kemampuan
literasi biologi untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal ini, telah
dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi biologi siswa.
Literasi biologi dapat diukur melalui tes. Tes tersebut berupa essay yang dijawab oleh siswa. Jawaban
dinilai berdasarkan skala literasi biologi yaitu terdiri dari illiteracy, nominal, functional, conceptual,
dan multidimensional. Studi ini merupakan bagian dari studi eksperimen untuk meningkatkan
kemampuan literasi biologi siswa SMA. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 7 Malang.
Kemampuan awal literasi biologi yang dianalisis merupakan kemampuan literasi biologi siswa sebelum
diterapkan suatu strategi pembelajaran yang diduga dapat berpengaruh terhadap kemampuan literasi
biologi siswa. Terdapat 7 soal yang diberikan kepada siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa jawaban
siswa paling banyak terdapat pada skala functional dengan persentase sebesar 68,78%.