Analisis Kebutuhan Buku Ajar Tabm Berbasis Penelitian untuk Mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo
dc.contributor.author | Sukoco, Restu Megadiana | |
dc.contributor.author | Amin, Mohammad | |
dc.contributor.author | Gofur, Abdul | |
dc.date.accessioned | 2016-12-09T01:34:43Z | |
dc.date.available | 2016-12-09T01:34:43Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Amin, Moh, dkk. 2015.Phylogenetic Analysis of Local Endemic Buffalo (Bubalus bubalis) based on cytochrome b gene in central Indonesia. Makalah Seminar Internasional Green Technology UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Amin, Moh, & Umie Lestari. 2015. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat Berbasis Mikrosatelit sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara ExSitu. Makalah Seminar Internasional Green Technology UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Amin, Moh. 2003. Characterization and Application of Molecular Marker In the Pecking Duck and Other Waterfowl Species.Göttingen:Cuvillier Verlag. Fatchiyah, dkk. 2011. Biologi Bolekular: Prinsip Dasar Analisis. Erlangga: Jakarta. Hidayat, Topik. 2009. Pelatihan Pendalaman Biologi untuk Guru Biologi Sekolah Menengah Umum (SMU). Jurusan Pendidikan Biologi: Universitas Pendidikan Indonesia. Kurniawan, K. 2008. Panduan Penulisan Buku Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Nurfauzi, Yuhansyah. 2009. Efektifitas Metode Eksperimen dalam Perkuliahan pada Program Studi DIII Farmasi Stikes Al-Irsyad Al-Islamiyah Cilacap. Jurnal Pro Bisnis. Vol 2 (Nomor 1) 42-53. Priyanto, S.H. 2012. Kriteria Baku Buku Ajar. Disampaikan dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen Kopertis VI 31 Mei – 1 Juni 2012. Purwitasari, Wahyu Indriana. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan, Keantusiasan, dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Banjarsari Pacitan. Diakses dari http://karya-ilmiah. um.ac.id/in dex.php/TEP /article /view/1191. Riyana, Cepi. 2010. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. Diakses dari https://chepy.files.com/2006/08/peran-teknologi.pdf Suryanto, Dwi. 2009. Melihat Keanekaragaman Organisme Melalui Beberapa Teknik Genetika Molekuler. Program Studi Biologi: Universitas Sumatera Utara. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8011 | |
dc.description.abstract | Matakuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler (TABM) merupakan salah satu matakuliah yang akan segera diterapkan untuk mahasiswa semester VI jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Matakuliah TABM merupakan salah satu matakuliah yang memuat konsep dan prinsip dasar teknik analisis biologi molekuler yang meliputi DNA, RNA dan protein beserta pemanfaatan software dalam analisis tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan buku ajar untuk matakuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler yang sesuai untuk mahasiswa semester VI dalam menempuh matakuliah TABM di jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara ke dosen pengampu matakuliah TABM di jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan beberapa fakta yaitu belum adanya buku ajar untuk mata kuliah TABM yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang up to date untuk menunjang pembelajaran mahasiswa. Lebih lanjut diketahui pula bahwa kebutuhan akan buku ajar berbasis penelitian tersebut sangat penting untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo yang diketahui belum memiliki laboratorium yang memadai. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah buku ajar mata kuliah TABM berbasis penelitian yang up to date untuk mahasiswa S1 jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Analisis kebutuhan | in_ID |
dc.subject | Buku ajar | in_ID |
dc.subject | TABM | in_ID |
dc.title | Analisis Kebutuhan Buku Ajar Tabm Berbasis Penelitian untuk Mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya