Kecakapan Berpikir Kritis dan Literasi Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Triyanto, Samuel Agus
Susilo, Herawati
Rohman, Fatchur
Lestari, Endang Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah merupakan kecakapan yang penting bagi siswa.
Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan dari pendidikan abad 21. Berpikir kritis adalah berpikir
reflektif untuk memutuskan sesuatu yang harus dipercayai dan dilakukan. Siswa yang ingin
berkompetensi di era masyarakat global harus cakap berpikir kritis. Literasi ilmiah merupakan
tujuan baru dari pendidikan sains. Literasi ilmiah adalah kemampuan dalam mengaplikasikan ilmu
yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Siswa wajib menerapkan ilmu yang telah dipelajari di
sekolah ke dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah siswa kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar Tahun
Pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah
diperoleh melalui tes essay dan observasi. Hasil tes berpikir kritis dianalisis dengan rubrik
penilaian berpikir kritis yang dikembangkan oleh Finken & Ennis (1993), sedangkan hasil tes
literasi ilmiah dianalisis dengan rubrik penilaian literasi ilmiah yang dikembangkan oleh Bybee
(1997). Hasil observasi kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah dianalisis secara deskriptif
kualitatif. Hasil tes berpikir kritis menunjukkan bahwa komponen berpikir kritis siswa belum
tampak atau masih kurang berkembang. Hasil tes literasi ilmiah menunjukkan bahwa kemampuan
siswa masih berada di level nominal, fungsional, konseptual dan prosedural, namun belum sampai
di level multidimensi. Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa kecakapan berpikir kritis
dan literasi ilmiah siswa kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 masih
perlu untuk ditingkatkan.