• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kecakapan Berpikir Kritis dan Literasi Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar

    Thumbnail
    View/Open
    120.pdf (420.1Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Triyanto, Samuel Agus
    Susilo, Herawati
    Rohman, Fatchur
    Lestari, Endang Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah merupakan kecakapan yang penting bagi siswa. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan dari pendidikan abad 21. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif untuk memutuskan sesuatu yang harus dipercayai dan dilakukan. Siswa yang ingin berkompetensi di era masyarakat global harus cakap berpikir kritis. Literasi ilmiah merupakan tujuan baru dari pendidikan sains. Literasi ilmiah adalah kemampuan dalam mengaplikasikan ilmu yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Siswa wajib menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah ke dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah siswa kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah diperoleh melalui tes essay dan observasi. Hasil tes berpikir kritis dianalisis dengan rubrik penilaian berpikir kritis yang dikembangkan oleh Finken & Ennis (1993), sedangkan hasil tes literasi ilmiah dianalisis dengan rubrik penilaian literasi ilmiah yang dikembangkan oleh Bybee (1997). Hasil observasi kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil tes berpikir kritis menunjukkan bahwa komponen berpikir kritis siswa belum tampak atau masih kurang berkembang. Hasil tes literasi ilmiah menunjukkan bahwa kemampuan siswa masih berada di level nominal, fungsional, konseptual dan prosedural, namun belum sampai di level multidimensi. Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah siswa kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 masih perlu untuk ditingkatkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8017
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV