dc.description.abstract | Analisis masalah. Guru Taman Kanak-Kanak di wilayah Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang melakukan
pengukuran berat badan dan tinggi badan terhadap anak didiknya ketika masa pendaftaran anak sekolah. Namun
data yang sudah ada tersebut berakhir dalam buku induk anak yang tidak ada tindak lanjutnya. Sementara itu,
guru merasa tidak tahu harus melakukan apa bila mendapati anak didiknya yang memperlihatkan penyimpangan
dalam perkembangannya.
Masalah kesehatan yang menjadi masalah utama bagi anak-anak usia prasekolah menjadi perhatian bagi guru di
Taman Kanak-Kanak. Namun pengetahuan dan fasilitas yang tidak memadai seringkali membuat para guru
kesulitan untuk menanamkan perilaku sehat bagi anak didiknya.
Metode penyelesaian masalah. Pelatihan deteksi, analisis dan stimulasi tumbuh kembang anak usia prasekolah
bagi guru Taman Kanak-kanak di wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Pelatihan pemanfaatan
“interactive smart board” bagi para guru taman kanak-kanak di wilayah Kecamatan Bringin Kabupaten
Semarang. Pendistribusian interactive smart board kepada setiap sekolah Taman Kanak-Kanak di wilayah
Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.
Hasil. Pelatihan deteksi, analisis dan stimulasi tumbuh kembang anak usia prasekolah bagi guru Taman Kanakkanak
di wilayah Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang dan pemanfaatan “interactive smart board”
dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 6 dan 7 April 2016. Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta yang masingmasing
merupakan utusan dari taman kanak-kanak dimana peserta mengajar. Pelatihan ini menghasilkan
peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru Taman kanak-kanak dalam melakukan deteksi, analisis dan
stimulasi tumbuh kembang bagi anak usia prasekolah. Peserta pelatihan juga merasakan kemudahan dalam
menggunakan thematic interactive smart board untuk pendidikan kesehatan bagi anak didiknya. | in_ID |