Show simple item record

dc.contributor.authorHernawati, Diana
dc.contributor.authorAmin, Mohamad
dc.contributor.authorIrawati, Mimien Henie
dc.contributor.authorIndriwati, Sri Endah
dc.date.accessioned2016-12-24T03:56:44Z
dc.date.available2016-12-24T03:56:44Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAmin, M. 2015. Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Mendatang yang Berintegritas Dan Berperadaban Tinggi. Pidato PengukuhanJabatan Guru Besar. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Malang. Kemristekdikti Amin, M a) . (2010). Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pemebelajaran. Proseding Seminar Biologi. Vol.1 No.7. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/artic le/view/1202. Bandura, A. 1986. Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Engglewood Cliffs Bandura, A. 1997. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman Company Feist, Jess, & J. Feist, Gregory. (2008). Theories of Personality Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Luthans, Fred.(2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Nasution S. 2003. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta. PT Bumi Aksara Nikma. 2011. Alat Ukur Self Efficacy dibidang Akademis Mahasiswa, (Online), (http://www. nikmasaid.wordpress.com/2012/02/22/selfefficacy/), diakses, 20 Februari 2013 Nugroho, O. A. (2007). Hubungan antara SelfEfficacy, Penyesuaian Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Widya Mandala, 8 (2): 14-36 Santoso (1999). Tantangan Pengembangan Universitas Abad XXI. Membangun Paradigma Baru. Surabaya. Universitas Surabaya. Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan, Edisi 3, Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika Shea, P & Bidjerano, T. (2010). Learning presence: Towards a theory of self-efficacy, selfregulation, and the development of a communities of inquiry in online and blended learning environments. Computers & Education 55. 1721–1731. journal homepage: www.elsevier.com/locate/compedu. Smolleck, L. A., & Mongan, A. M. (2011). Changes in preservice teachers' self-efficacy: From science methods to student teaching. Journal of Educational and Developmental Psychology, 1(1), 133-145. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/104572331 0?accountid=25704 Tantrarungroj, P., & Suwannatthachote, P. (2012). Enhancing pre-service teacher's self-efficacy and technological pedagogical content knowledge in designing digital media with selfregulated learning instructional support in online project-based learning. Creative Education, 3, 77-81. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/132112086 5?accountid=25704. Tscannen M. M. & Woolfolk-Hoy, A. 2001.Teacher Efficacy: Capturing an elusive construct. Journal Teaching and Teacher Education, 17, 783-805 Zeitoun, Samar and Zeina Hajo. (2015). Investigating the Science Process Skills in Cycle 3. National Science Textbooks in Lebanon.” American Journal of Educational Research, vol. 3, no. 3: 268275. doi: 10.12691/education-3-3-3 Zimmerman, B. J., Bandura, A., & Martinez-Pons, M. (1992). Self motivation for academic attainment: The role of self efficacy beliefs and personal. America Educational Research Journal, 29, 663-676in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8032
dc.description.abstractStudi ini menganalisis tentang kemampuan self efficacy mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Vertebrata. didasarkan atas data empiris yang dikumpulkan dari mahasiswa pendidikan Biologi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Analisis dari 30 kuesioner mengungkapkan berbagai perbedaan berdasarkan tingkat pengalaman. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pada dimensi magnitudo/level (tingkat kesulitan tugas) sebagai perwujudan seberapa besar optimisme mahasiswa pada keberhasilan (65,33%), kemampuan mahasiswa dalam penyesuaian diri terhadap tugas yang sulit (66,70%), kemampuan mahasiswa dalam menghindari situasi dan perilaku yang melampaui batas kemampuan (77,35%); dimensi strength (kemantapan keyakinan dan harapan) meliputi kemampuan dalam mempertahankan (59,70%), keuletan (76,7%); dimensi generality (keragaman dan luas bidang perilaku) meliputi kemampuan kognitif (66%), kemampuan afektif(84,70%) dan kemampuan psikomotik (56,70%). Berdasarkan informasi tersebut tergambarkan bahwa mahasiswa belum cukup terbiasa dengan kemampuan self efficacy yang dimilikinya, sejumlah kemampuan masih perlu untuk dilatihkan dan dikembangkan, terkait dengan materi zoologi vertebrata mahasiswa belum cukup terbiasa mengatasi kemampuan dalam mempertahankan. Mahasiswa juga belum cukup terbiasa mengatasi keragaman dan luas bidang perilaku, dimana kemampuan kognitif mahasiswa dan kemampuan dalam psikomotoriknya masih perlu untuk ditingkatkanin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectself efficacyin_ID
dc.subjectzoologi vertebratain_ID
dc.titleAnalisis Self Efficacy Mahasiswa pada Matakuliah Zoologi Vertebratain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record