Show simple item record

dc.contributor.authorMaulina, Dina
dc.contributor.authorSumitro, Sutiman Bambang
dc.contributor.authorAmin, Mohamad
dc.contributor.authorLestari, Sri Rarayu
dc.date.accessioned2016-12-24T05:16:50Z
dc.date.available2016-12-24T05:16:50Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAmin, M. (2010). Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pemebelajaran. Proseding Seminar Biologi. Vol.1 No.7. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1202. Amin, M. (2015). Biologi Sebagai Sumber Belajar Untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=tY4L5pwAAAAJ&citation_for _view=tY4L5pwAAAAJ:roLk4NBRz8UC. Anonim a) . (2012). Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 Tentang pendidikan Tinggi. Anonim b) . (2015). Permenristek No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar nasional Pendidikan Tinggi. Dirjen Dikti. (2014). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching Learning. Bandung : MLC. Wibowo. (2012). Manjemen Kinerja (edisi ke 3). Jakarta : Rajawali persin_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8036
dc.description.abstractBahan ajar sebagai salah satu media pembelajaran menjadi penting peranannya bagi dosen dan mahasiswa, salah satu bentuknya berupa buku ajar. UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa dosen berkewajiban menulis buku ajar sebagai wahana sumber belajar guna pengembangan budaya akademik. Mata kuliah Biologi Sel merupakan salah satu mata kuliah dasar yang dianggap rumit bagi mahasiswa yang didalamnya memerlukan pendekatan pembelajaran secara kontekstual. Kontekstualisasi materi dari matakuliah dapat disajikan secara riil melalui buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan buku ajar pada mata kuliah Biologi Sel bagi mahasiswa di Universitas Lampung. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Lampung yang telah menempuh mata kuliah Biologi Sel tahun akademik 2015/2016. Kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran dengan angket dan tanggapan mahasiswa diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa menggunakan buku ajar Biologi Sel sebagai salah satu rujukan penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Sebanyak 73,73% koresponden menjelaskan bahwa buku ajar dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran dan pemahaman mahasiswa, 53,33% mahasiswa mengungkap bahwa buku ajar yang digunakan selama ini belum merepresentasikan hasil-hasil riset (penelitian) kekinian yang terkait dengan materi perkuliahan, 61,67% mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi di perkuliahan Biologi sel yang berdampak pada hasil belajar mahasiswa yang rendah. Hal ini dibutuhkan solusi dalam pembelajaran untuk menyajikan materi perkuliahan yang kontekstual yang berisi materi kekinian terkait dengan kehidupan riil. Dengan demikian, diperlukan pengembangan buku ajar untuk mata kuliah Biologi Sel di Pendidikan Biologi Universitas Lampung guna mendukung kegiatan perkuliahan dan peningkatan pemahaman mahasiswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbiologi selin_ID
dc.subjectbuku ajarin_ID
dc.subjectpembelajaran kontekstualin_ID
dc.titleKajian Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel di Universitas Lampungin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record