dc.contributor.author | Maulina, Dina | |
dc.contributor.author | Sumitro, Sutiman Bambang | |
dc.contributor.author | Amin, Mohamad | |
dc.contributor.author | Lestari, Sri Rarayu | |
dc.date.accessioned | 2016-12-24T05:16:50Z | |
dc.date.available | 2016-12-24T05:16:50Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Amin, M. (2010). Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pemebelajaran. Proseding Seminar Biologi. Vol.1 No.7. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1202. Amin, M. (2015). Biologi Sebagai Sumber Belajar Untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=tY4L5pwAAAAJ&citation_for _view=tY4L5pwAAAAJ:roLk4NBRz8UC. Anonim a) . (2012). Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 Tentang pendidikan Tinggi. Anonim b) . (2015). Permenristek No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar nasional Pendidikan Tinggi. Dirjen Dikti. (2014). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching Learning. Bandung : MLC. Wibowo. (2012). Manjemen Kinerja (edisi ke 3). Jakarta : Rajawali pers | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8036 | |
dc.description.abstract | Bahan ajar sebagai salah satu media pembelajaran menjadi penting peranannya bagi dosen dan
mahasiswa, salah satu bentuknya berupa buku ajar. UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan
Tinggi menjelaskan bahwa dosen berkewajiban menulis buku ajar sebagai wahana sumber belajar guna
pengembangan budaya akademik. Mata kuliah Biologi Sel merupakan salah satu mata kuliah dasar
yang dianggap rumit bagi mahasiswa yang didalamnya memerlukan pendekatan pembelajaran secara
kontekstual. Kontekstualisasi materi dari matakuliah dapat disajikan secara riil melalui buku ajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan buku ajar pada mata kuliah Biologi Sel bagi
mahasiswa di Universitas Lampung. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi di
Universitas Lampung yang telah menempuh mata kuliah Biologi Sel tahun akademik 2015/2016.
Kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran dengan angket
dan tanggapan mahasiswa diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara persentase
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa menggunakan buku ajar
Biologi
Sel sebagai salah satu rujukan penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Sebanyak 73,73% koresponden
menjelaskan bahwa buku ajar dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran dan pemahaman mahasiswa,
53,33% mahasiswa mengungkap bahwa buku ajar yang digunakan selama ini belum merepresentasikan
hasil-hasil riset (penelitian) kekinian yang terkait dengan materi perkuliahan, 61,67% mahasiswa
merasa kesulitan dalam memahami materi di perkuliahan Biologi sel yang berdampak pada hasil belajar
mahasiswa yang rendah. Hal ini dibutuhkan solusi dalam pembelajaran untuk menyajikan materi
perkuliahan yang kontekstual yang berisi materi kekinian terkait dengan kehidupan riil. Dengan
demikian, diperlukan pengembangan buku ajar untuk mata kuliah Biologi Sel di Pendidikan Biologi
Universitas Lampung guna mendukung kegiatan perkuliahan dan peningkatan pemahaman mahasiswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | biologi sel | in_ID |
dc.subject | buku ajar | in_ID |
dc.subject | pembelajaran kontekstual | in_ID |
dc.title | Kajian Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel di Universitas Lampung | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |