Pengembangan Perangkat Pembelajaran Animalia Menggunakan Identification Cue Card Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Retensi dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA (Studi Pendahuluan)
Abstract
Penelitian pengembangan (Reasearch & Development) ini bertujuan untuk melakukan
pengembangan lebih lanjut dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi melalui pemanfaatan
media ICCA (Identification Cue Card of Animalia) dan mengetahui efektivitas perangkat
pembelajaran biologi ICCA dalam upaya meningkatkan kemampuan retensi dan keterampilan
komunikasi siswa SMA pada materi Kingdom Animalia, khususnya pada materi Invertebrata
submateri Arthropoda. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X IPA tahun ajaran 2015/2016
sebanyak 34 orang. Ide dasar pengembangan media ICCA ini mengacu pada aturan permainan
kartu kuartet yang sedikit dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan penelitian. Pada
tahap pelaksanaan, setiap siswa melakukan identifikasi terhadap objek pengamatan dengan
mengikuti petunjuk pada lembar kegiatan siswa. Selanjutnya, kartu ICCA diberikan pada setiap
siswa dan siswa dibagi menjadi dua kelompok besar. Siswa melakukan permainan ICCA dan
setiap kelompok harus mengumpulkan minimal tiga set kartu masing-masing berisi empat kartu.
Selama proses pengumpulan kartu, katerampilan komunikasi siswa dinilai. Pada kegiatan penutup,
siswa diberikan tes objektif secara tertulis. Kemampuan retensi siswa diukur dengan melakukan
pengujian tes objektif sebanyak 20 soal pilihan ganda sebanyak tiga kali pengujian. Pengujian
pertama dilakukan di akhir pertemuan materi invertebrata. Pengujian kedua dilakukan tiga minggu
pasca kegiatan pembelajaran, dan pengujian ketiga dilakukan pada dua minggu selanjutnya. Skor
retensi kemudian dibandingkan dengan retensi yang bisa dimiliki siswa sebanyak 21% setelah dua
sampai empat minggu berdasarkan kurva lupa yang diungkapkan oleh Ebbinghaus. Adapun
ketereampilan komunikasi siswa diukur melalui observasi yang dilakukan berdasarkan indikator
ketercapaian keterampilan komunikasi lisan yang dikemukakan oleh Stiggin.