Persepsi Guru SMP tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di Kabupaten Karanganyar
Abstract
Uji Kompetensi Guru (UKG) merupakan program pemerintah untuk mengetahui kemampuan pedagogik
dan profesional seorang guru dengan melibatkan berbagai instansi di lingkungan pemerintah pusat maupun
pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan UKG 2015 dan mengungkapkan
harapan guru pada pelaksanaan UKG di Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dan strategi berupa studi kasus. Sumber data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, kepustakaan,
dokumentasi, dan angket. Hasil data angket diperoleh dari 55 guru dengan menggunakan purposive sampling
yaitu dua SMP Negeri di Kecamatan Gondangrejo dan wawancara dilakukan kepada guru yang telah mengikuti
UKG. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pelaksanaan UKG menunjukkan 40 atau 72,7% guru mampu
menjalankan aplikasi pengerjaan soal, sebanyak 53 atau 96,4% tidak ada kendala jaringan internet saat
pelaksanaan UKG berlangsung, dan 31 atau 56,4% guru beranggapan bahwa jadwal pelaksanaan UKG
menganggu jam pembelajaran di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan UKG 2015 di
Kabupaten Karanganyar berjalan dengan baik. Akan tetapi perlu diperhatikan mengenai jadwal pelaksanaan
UKG dan tindak lanjut hasil UKG.