Virtual Emission In High Speed Rail Project
dc.contributor.author | Tallar, Robby Yussac | |
dc.contributor.author | Wiguna, Harry | |
dc.date.accessioned | 2017-01-14T06:50:03Z | |
dc.date.available | 2017-01-14T06:50:03Z | |
dc.date.issued | 2016-12-07 | |
dc.identifier.citation | Pemerintah Republik Indonesia, (2007), Undang-undang No. 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. Jakarta. Pemerintah Republik Indonesia, (2007), Undang-undang No. 72 Tahun 2007 Lalulintas dan Angkutan Kereta Api. Jakarta. Rosyani, D. & Susilo B.H., (2010), “Kinerja Kereta Api Baraya Geulis”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Maranatha. Bandung. Warpani, Suwardjoko P., (1990), “Merencanakan Sistem Perangkutan”, ITB, Bandung. http://id.wikipedia.org/wiki/kereta_api www.kereta-api.ac.id | in_ID |
dc.identifier.issn | 1412-9612 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8145 | |
dc.description.abstract | Meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia yang sedemikan pesatnya dengan segala aktivitas yang ada di dalamnya mendorong peningkatan kebutuhan akan sarana transportasi massal yang memadai. Di Indonesia sendiri, transportasi massal in belu terlalu mengutukan penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya perencanaan pemerintah dalam membuat sebuah sistem transportasi massal yang baik dan terintegrasi sehingga mampu memnuhi atau mendukung seluruh aktivitas teersebut. Salah satu moda transportasi massal yang efektif dan efisien yang bisa diterapkan di Indonesia adalah kereta api. Salah satu proyek yang sedang dilakukan di Indonesia yang berhubungan dengan kereta api adalah proyek kereta api cepat (High Speed Rail) yang akan menghubungkan Jakarta dengan Bandung. Jika proyek ini terselesaikan maka akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi emisi gas buang yang diakibat oleh para pengguna kendaraan bermotor, dengan adanya proyek ini diharapkan para pengguna kendaraan bermotor yang akan pergi dari Jakarta menuju Bandung bisa menggunakan High Speed Rail ini. Virtual Emission merupakan sebuah konsep yang ditawarkan pada makalah ini dengan menadopsi ide dari Virtual Water. Secara sederhana virtual emission sama artinya dengan jumlah kerugian yang ditimbulkan secara tidak langsung dari emisi gas buang sebagai akibat dari kendaraan bermotor. Setidaknya emisi gas buang yang dikeluarkan sepanjang rute jalan Jakart-Bandung bisa dikurangi dengan adanya proyek High Speed Rail. Bukan hanya dampak positf yang ditimbulkan tetapi dalam pembangunan proyek Hihsh Speed Rail ini juga bisa memberikan dampak lainnya dengan menggunakan analisa SWOT (strength, weakness, opportunity dan threat) bisa diketahui dampak-dampak apa saja yang akan ditimbulkan dengan adanya proyek ini. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Emisi gas buang | in_ID |
dc.subject | High Speed Rail | in_ID |
dc.subject | Analisa SWOT | in_ID |
dc.title | Virtual Emission In High Speed Rail Project | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |