Evaluasi Strata Konsumen Dengan Cluster Analysis (Studi Pada Toko dan Distribusi Matrix)
Abstract
Toko dan Distribusi AIATRIX, merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang atau produk seperti layaknya Gudang Rabat, Supermarket, atau Swalayan. Mencari pelanggan sebanyak-banyaknya adalah target pemasaran MATRIX. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengelompokkan konsumen menjadi tiga golongan berdasarkan strata. Adapun strata yang diuji adalah jenis kelamin, usia, penghasilan, frekuensi berkunjung, nilai struk, jumlah anak, jumlah jam nonton TV, jumlah kartu kredit, kesukaan terhadap produk baru, layout swalayan, harga, pelayanan, kesetiaan [lama menjadi pelanggan], tingkat pendidikan dan variasi barang. Metode yang digunakan adalah multivariate dan cluster analysis. Metode ini sangat tepat untuk mencari segmen pasar di Tako dan Distribusi lvlATRIX. Berdasarkan hasil penelitian, pendeskripsian data dilakukan dengan metode deskriptif statistik, sedangkan hasilnya dibuat menjadi tiga kelompok pelanggan berdasarkan karakteristik data dari responden sebanyak 132 orang. Ke!ampok dengan anggota terbanyak akan dijadikan dasar dalam market segmentation. Berdasarkan hasil penelitian bahwa konsumen yang berkunjung ke A1ATRIX sebagian besar adalah perempuan dengan range usia 28 - 38 tahun dari kalangan ekonomi menengah dengan frekuensi berkunjung 3 - 4 kali dalam sebulan. Para konsumen sering membeli di Tako dan Distribusi MATRIX disebabkan pelayanan karyawan yang baik dan harga yang terjangkau. Maka strategi yang diterapkan perusahaan adalah menyediakan produk-produk yang disukai perempuan dengan usia
28 - 38 tahun dan prcduk yang harganya murah serta terjangkau.