dc.identifier.citation | Bernal, Luis dan Dornberger, Utz (2009), Quality Function Deployment (QFD) for Services – Handbook, Universitat Leipzig Cohen, Lou, 1995. Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You. New York: Addison-Wesley Publishing Company. Garvin, D. A, 1987. Competing on the Eight Dimensions of Quality. Harvard Business Review Gasperz, V, 2002. Total Quality Management, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Kotler, P, 2006. Marketing Management, Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall International, Inc. Kurniawati, Dewi Aprilia dan Singgih, Moses Laksono (2015), “Integrasi Servqual, IPA dan QFD Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pelayanan Unit Pembiayaan di Bank Syariah”, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIII, Program Studi MMT-ITS, Surabaya, hal. A-58-1 - A-58-8 Lowe, A. J & Ridgway, 2000. Quality Function Deployment, diakses melalui www.google.co.id Moh. Nasir, PhD, 1999. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia Parasuraman, A., L. L. Berry & V. A. Zeithaml, 1991. Refinement and Reassessment of the SERVQUAL Scale, Journal of Retailing, vol 67, no. 4, pp. 420-450. Rangkuti, Freddy (2002). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Schnaars, S. P, 1991. Marketing Strategy: A Customer Driven Approach. New York: the Free Press Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta. Vorasaiharit, Nantapatr dan Thawesaengskulthai, Natcha (2016), “Integration of SERVQUAL Model with Quality Function Deployment to enhance Library’s Service Quality”, International Conference on Engineering Technologies and Big Data Analytics (ETBDA’2016), hal. 78-84 Wijaya, Tony, 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks. | in_ID |
dc.description.abstract | Kertas Art Paper adalah kertas HVS yang diberikan coating/ salut untuk memperbaiki visual
kertas. PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk adalah salah satu produsen kertas Art Paper yang
ada di Jawa Timur. Untuk memenangkan persaingan industri salah satu faktornya adalah
meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk yang baik adalah kualitas yang dibutuhkan
oleh konsumen/ pelanggan. Namun usaha tersebut terkadang masih belum cukup untuk dapat
memuaskan pelanggan, hal ini terbukti dengan masih banyaknya komplain atau keluhan
pelanggan yang masih ada tiap bulannya. Maka dari itu berdasarkan permasalahan di atas
maka peneliti akan melakukan penelitian di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk khusus
membahas tentang masalah atau keluhan penggunaan kertas Art Paper, agar dapat diketahui
hal apa yang dibutuhkan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas kertas tersebut.
Metode yang dilakukan peneliti adalah mengintegrasikan Customer Satisfaction Index (Indeks
Kepuasan Pelanggan) dan Quality Function Deployment (QFD). Customer Satisfaction Index
(CSI) yang didapatkan dari customer domestik sebesar 79,9% yang berarti puas. Perbaikan
dengan QFD didapatkan, Minimalisasi defect dengan kontrol yang ketat (21,4%),
Penambahan OBA (Optical Brightness Agent) (9,3%), Perbaikan formasi kertas (16,7%),
Setting NIP Press pada Calendar roll (14,7%), Refine serat kertas (14,6%), Spesifikasi kertas
menyesuaikan dengan kebutuhan printing masa kini (16,8%), SOP yang jelas di area finishing
dan gudang (6,4%). | in_ID |