Pemetaan Posisi Produk Kamera Jenis Kamera Mirrorless Menggunakan Canvas Strategy
Abstract
Industri kamera merupakan salah satu industri tertua di dunia yang mampu mengembangkan
produknya sesuai dengan perkembangan teknologi. Kamera mirrorless merupakan jenis nonreflex
cameras dengan ukuran dan cara kerja seperti kamera saku, namun kemampuannya
setara dengan kamera DSLR. Pertumbuhan penjualan kamera mirrorless yang meningkat
selama beberapa waktu terakhir di berbagai belahan dunia membuat perusahaan perlu
mengetahui pemetaaan posisi produk serta preferensi mengenai atribut-atribut produk yang
diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan posisi produk
kamera jenis kamera mirrorless dengan menggunakan metode canvas strategy. Canvas strategy
adalah salah satu kerangka kerja analisis dan alat diagnosis dalam membangun blue ocean
strategy. Dalam penelitian ini canvas strategy digunakan untuk menggambarkan faktor-faktor
yang mempengaruhi kompetisi sesama produsen kamera mirrorless. Penilaian konsumen
terhadap atribut-atribut produk kamera mirrorless dilakukan berdasarkan pada delapan
dimensi kualitas produk menurut Garvin yang meliputi dimensi performance, dimensi feature,
dimensi reliability, dimensi conformance, dimensi durability, dimensi serviceability, dimensi
aesthetic, dan dimensi perceived quality. Merk kamera mirrorless yang menjadi objek penelitian
adalah merk kamera mirrorless A, B, C, D, E, dan F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa merk kamera mirrorless yang memiliki kualitas produk paling tinggi hingga paling
rendah secara berurutan adalah merk kamera mirrorless B, D, C, E, F, dan A.