dc.identifier.citation | Moh. Sholeh dan Imam Musbikin. Agama sebagai Terapi Telaah menuju Ilmu Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005. Muhammad ‘Utsman Najati (trans.) Zaenuddin Abu Bakar. Psikologi dalam Perspektif Hadis (Al- Hadits wa ‘Ulum an-Nafs). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004. Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy. Pedoman Dzikir dan Doa. Semarang: P.T. Pustaka Rizki Putra, 2002. O’ Riordan, R.N., Linda. (trans.) Mariana Ariestyawati. Seni Penyembuhan Sufi Jalan Meraih Kesehatan Fisik, Mental, dan Spiritual Secara Holistik. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2002. Rendra K. (ed.). Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000. Singgih D. Gunarsa. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1996. Zakiah Daradjat. Doa Menunjang Semangat Hidup. Jakarta: Yayasan Pendidikan Islam Ruhama, 1992. Dadang Hawari. Al Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: P.T. Dana Bhakti Primayasa, 1997. ______. Do’a dan Dzikir sebagai Pelengkap Terapi Medis. Jakarta: P.T. Dana Bhakti Primayasa, 1998. ______. Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2002. Dossey, M.D., Larry (trans.) T. Hermaya. Healing Words Kata-kata yang Menyembuhkan Kekuatan Doa dan Penyembuhan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997. Ibrahim Muhammad Hasan al-Jamal (trans.) Aziz Rohman Ibn Adnan. Penyembuhan dengan Dzikir dan Doa. Jakarta: C.V. Cendekia Sentra Muslim, 2003. Imam Nawawi (trans.) Bahrun Abu Bakar. Khasiat Zikir dan Doa Terjemahan Kitab Al-Adzkaarun Nawawiyyah. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2002. M.A. Subandi (ed.). Psikoterapi Pendekatan Konvensional dan Kontemporer. Yogyakarta: Unit Publikasi Fakultas Psikologi UGM, 2002 M. Thoyibi dan M. Ngemron. Psikologi Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 1996. | en_US |
dc.description.abstract | Di era sekarang psikoterapi untuk penyembuhan penyakit jiwa
tidak hanya menggunakan alat medis tetapi juga mengabungkan
alat yang bersifat religius.
Dari penulusuran penulis bahwa dengan menggunakan metode do’a
yang berkualitas ternyata menimbulkan di dalam jiwa pasien/ klien
perasaan kehadiran Allah SWT., spiritual tinggi, kedamaian,
ketenangan, motivasi positif, rasa optimis, semangat hidup, autosugesti,
dan rasa percaya diri. Semuanya ini merupakan unsur-unsur
yang penting bagi penyembuhan gangguan kejiwaan bagi pasien.
Sedang bagi terapis doa yang berkwalitas tinggi akan mempunyai
efek yang sangat besar untuk penyembuhan pasien/ kliennya. | en_US |