Pendekatan E-Commerce Sebagai Media Untuk Pengembangan Model Pemasaran Produk Industri Kreatif IKM Banten Art
Abstract
Industri kecil Menengah (IKM) Banten Art merupakan IKM industri kreatif yang
memperoduksi kerajinan tangan handycraft gypsum berupa miniatur bangunan, hewan atau
ciri khas Kota Serang dan Banten yang berlokasi di kota Serang. Latar belakang penelitian ini
adalah adanya kesulitan bagi IKM Banten art dalam promosi pemasaran produk hasil
kerajinan, hal ini dikarenakan kurangnya sarana promosi sehingga masyarakat tidak
mengetahui keberadaaan IKM Banten art sehingga produk kerajninan yang dihasilkan kurang
dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini
adalah membuat rancangan sistem pemasaran e-commerce berbasis website untuk IKM
“Banten Art”untuk memperkenalkan produk industri kreatif kota Serang kepada masyarakat
luas sehingga manajemen pemasaran IKM Banten Art dapat tertata secara efektif. Diharapkan
dengan menggunakan media pemasaran e-commerce berbasis website sebagai sarana promosi
produk IKM Banten art, dapat meningkatkan omzet penjualan sebesar 30% dan meningkat
seterusnya. Website ini dirancang dengan menggunakan software Joomla dengan component
virtuemart. Metode penelitian yang dilakukan untuk merancang website ini adalah dengan
membuat analisis kebutuhan sistem yang terdiri atas kebutuhan fungsional dan non fungsional,
perancangan desain sistem yang terdiri dari DFD, entity relationsip diagram, dan kamus data,
perancangan database dan terakhir adalah merancang aplikasi e-commerce. Hasil dari
penelitian ini adalah berupa website e-commerce IKM Banten Art yang didalamnya
mengandung informasi sekitar produk Banten Art.