Roadmap Industri Kreatif Berbasis Digital di Jawa Timur
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Nasution, Arman Hakim
Zafriana, Lusi
Lukmandono
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif, yang terdiri dari core creatif industry,
forward and backward linkage creative industry. Dari 14 sub sektor industri kreatif, ada 3
sektor yang masuk dalam kategori industri kreatif digital, yaitu : (1) Permainan interaktif, (2)
Video, film dan fotografi dan (3) Layanan komputer dan piranti lunak. Tujuan dari penelitian
ini adalah membuat roadmap industri kreatif berbasis digital melalui pemetaan matrik strategi
dengan menggunakan matriks internal eksternal. Hasil penelitian menunjukkan posisi industri
kreatif digital Jawa Timur berdasarkan nilai skor IFAS sebesar 2,31 dan nilai skor EFAS
sebesar 2,30 ada pada strategi pertumbuhan dan stabilitas. Dengan demikian industri kreatif
digital dapat memperluas pangsa pasar yang sudah ada, memfasilitasi pengembangan dan
teknologi dengan fokus pada peningkatan jenis produk dan jasa pada sisi internal maupun
eksternal melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Sedangkan dari sisi kategori produk
industri kreatif digital ada 4 produk utama yang menjadi prioritas, yaitu game teknologi,
animasi, robotika dan drone.