dc.identifier.citation | 97 Relasi Kuasa dalam Peristiwa ... (Saifuddin Zuhri dan Nurul Mazidah) Armstrong, Karen. 2002. Islam Sejarah Singkat (terj). Jakarta: Jendela Bosworth. 1993. Dinasti-dinasti Islam (terj) Bandung: Mizan Dudung, Abdurrahman dan Maryam, Siti .2003. Sejarah Peradaban Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern Engineer, Asghar Ali. 1999. Asal Usul Dan Perkembangan Islam (terj). Yogyakarta: INSIST kerjasama Pustaka Pelajar Bertens, K. 1983. Filsafat Barat Abad XX (Inggris Jerman). Jakarta: Gramedia ______.1983. Filsafat Barat Abad XX (Francis). Jakarta: Gramedia Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS. Foucault, Muchel. 2002. Power Knowledge (terj.). Yogyakarta: Bentang Budaya. _____, 2002. Menggugat Sejarah Ide (terj.). Yogyakarta: Ircisod. Hadi. Sutrisno. 1989. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset. Syalabi. 1992. Sejarah Kebudayaan Islam II. Jakarta: Pustaka Al- Husna. _____. 1993. Sejarah Kebudayaan Islam III. Jakarta: Pustaka Al- Husna. Syou’yb, Joesuf. 1977. Sejarah Daulah Abbasiyah I. Jakarta: Bulan Bintang. Watt, Montgomery. 1987. Pergolakan Pemikiran Politik Islam. Jakarta: Beneubi Cipta. _____. 1990. Kejayaan Islam: Kajian Kritis Dari Tokoh Orientalis. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana. Zahrah, Imam M. Abu. 1996. Aliran Politik Dan Aqidah Dalam Islam. Jakarta Selatan: Logos. AFKAR, EDISI NO 13 TH 2002/ LAKPESDAM Andri Rosadi. up date 20 Mei 2003, Artikel Michel Foucault: Usaha Mengenal ‘Yang Lain’. http:// mizanssckairo.tripod.com/filsafat07. htm Ghozi M. Ihsan.Up dated 20 mei 2003, Artikel: Sejarah Pemikiran dan Pemikiran Sejarah (Analisis Arkeologis a la oucault) /http:// mizansckairo.tripod.com/filsafat0 7.htm Kellner, Douglas. Critical Theory Today-.Revisiting the Classics. http: //www. uta.edu/english/dab/ illuminations/kell 10. html | en_US |
dc.description.abstract | Sebagai disiplin keilmuan, ilmu kalam tumbuh dan berkembang setelah
Nabi Muhammad SAW wafat. Berbicara tentang ilmu kalam tak bisa
lepas dari skisme dan sosio-historis peristiwa berdarah pada masa
Khalifah Utsman bin Affan, yaitu peristiwa fitnah besar. Peristiwa
tersebut merupakan pangkal permasalahan dalam tubuh umat Islam
di berbagai bidang, khususnya politik, sosial, dan paham keagamaan.
Kegunaan penelitian ini ada dua macam, yaitu tujuan praktis dan
teoritis. Secara teoritis untuk menambah khazanah keilmuan terotama
dalam bidang Ilmu Ushuluddin, terutama studi aliran politik dan aqidah
dalam pemikiran Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan
(library research) karena sumber data-datanya berasal dari hasil telaah
pustaka, terutama yang berkenaan dengan sejaiah Daulah Abbasiyah
khususnya pada masa khalifah Al-Makmun. Dari penulusuran penulis
didapat kesimpulan bahwa Motiv kepentingan awal yang mendorong
Mu’tazilah untuk menjalin hubungan dekat dengan khalifah al-
Makmun adalah untuk meluruskan pemahaman aqidah masyarakat
awam. Aliran Mu’tazilah yang selama ini diduga kuat sebagai otak
dibalik peristiwa mihnah pada masa khalifah al-Makmun, ternyata
jika dilihat dengan menggunakan perspektif relasi kuasa Michel
Foucault bukanlah sebagai dalang intelektual yang sesungguhnya. | en_US |