Show simple item record

dc.contributor.authorSatriardi, Satriardi
dc.contributor.authorAnggraini, Denny Astrie
dc.contributor.authorMitra, Yulnedi
dc.date.accessioned2017-05-30T06:23:24Z
dc.date.available2017-05-30T06:23:24Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.citationAneka busa. 2013. Di akses pada tanggal 27 Desember 2016, dari http://anekabusa.com. Aneka tas ransel. 2015. Di akses pada tanggal 29 Desember 2016, dari http://anekatasransel.com. Budi Laksono, I. 2010. Usulan Rancangan Perbaikan Meja dan Kursi Belajar Siswa SLTP di Tinjau dari Aspek Ergonomi. Budi Widodo, P. 2006. Reliabilitas dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri untuk Mahasiswa Indonesia. Botol minum. 2013. Di akses pada tanggal 29 Desember 2016, dari http://botolminum.com. Duta rimba. 2012. Di akses pada tanggal 24 Desember 2016, dari http://.duta rimba.com. Gempur, S. 2004. Ergonomi Manusia, Peralatan dan Lingkungan. Prestasi Pustaka. Jakarta. Hutabarat B, R. 2012. Rancang Bangun Ulang Kursi Kuliah yang Ergonomis Berdasarkan Data Antropometri Mahasiswa. Intrianto, S. 2013. Perancangan Tas Punggung laptop Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) di Industri Langon Kota Tegal. Nurmantio, E. 2003. Ergonomi konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Surabaya. Ragam bahan bangunan.,2013. Di akses pada tanggal 24 Desember,2016, dari http://.www.ragambahanbangunan.com Silviana Mustikawati, I. 2005. Kuesioner Penelitian. Sulastri. 2013. Pengaruh Peran Pelatih Terhadap Motivasi Peserta Pelatihan Beladiri Putri Gading di Kota Bandung Universitas Pendidikan Indonesia. Susilana, R. 2011. Modul 6 Populasi dan Sampel. Wardaningsih, I. 2010. Pengaruh Sikap Duduk Pada Kursi Kerja yang Tidak Ergonomis Terhadap Keluhan Otot-otot Skeletal Bagi Pekerjaan Wanita Bagian Mesin Cucuk di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Wignjosoebroto, S. 2008. Ergonomi Studi Gerak dan waktu. Guna Widya. Jakarta.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8714
dc.description.abstractLingkungan belajar merupakan tempat dimana proses belajar berlangsung. Dalam pelaksanaan proses belajar sebagian besar aktivitas mahasiswa dilakukan dengan posisi duduk. Oleh karena itu kondisi dan pengaturan tempat duduk, bentuk kursi dan berbagai peralatan serta sarana yang menunjang saat proses belajar mengajar harus menjadi perhatian. Posisi duduk yang tidak nyaman dapat mempengaruhi kualitas belajar. Selain itu kursi kuliah yang tidak nyaman juga akan mempengaruhi konsentrasi pengguna dalam belajar sehingga kondisi ini akan dapat mempercepat timbulnya kelelahan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik kursi kuliah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, merancang kursi kuliah yang ergonomis dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, menentukan biaya pembuatan kursi kuliah yang ergonomis. penelitian ini menggunakan pendekatan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini diperoleh meja kursi yang nyaman, sandaran yang empuk dan nyaman, daya tahan kursi kuat, bantalan kursi yang empuk dan nyaman, memiliki tempat tas, memiliki tempat minum, memiliki warna yang menarik dan kursi aman digunakan.Untuk rancangan kursi kuliah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang ergonomis, dimana bahan baku menggunakan bahan besi untuk rangka, meja kursi dari kayu mahoni, sandaran kursi dan dudukan dengan bahan baku busa padat dan kenyal dengan pelapis bahan suede dan microfibre dengan warna hitam, fasilitas tempat minum dan gantungan tas sedangin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKursi Kuliahin_ID
dc.subjectErgonomiin_ID
dc.subjectMetode Quality Function Deployment (QFD)in_ID
dc.titlePerancangan Kursi Kuliah yang Ergonomis dengan Pendekatan Metode Quality Function Deployment (QFD)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record