• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Penalaran Matematika melalui Strategi Think Pair Share Berbasis Problem Based Learning

    Thumbnail
    View/Open
    3.Makalah Revisi_Tsainatu.pdf (352.1Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Maimunnah, Tsaniatu
    Setyaningsih, Nining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X Multimedia B SMK Negeri 9 Surakarta dengan strategi Think Pair Share berbasis Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang memberi tindakan dalam penelitian ini adalah guru dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X Multimedia B SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penalaran matematika didasarkan beberapa indikator berikut: (1) siswa yang mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan menjadi 63%, (2) siswa yang mampu memberikan alasan/ bukti terhadap kebenaran solusi sebelum tindakan 31,25% setelah tindakan menjadi 70%, (3) siswa yang mampu menarik kesimpulan dari pernyataan sebelum tindakan 8% setelah tindakan menjadi 66,67%
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8753
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV