• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Based Learning (PBI) dan Discovery Learning (DI) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    6. Makalah Revisi_Rires.pdf (1.016Mb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Widyawati, Rires
    Ariyanto, Ariyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) Menganalisis dan menguji interaksi strategi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi penelitian ada tujuh kelas yaitu siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan PBL dan kelas control yang diberi DL. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) tidak ada interaksi strategi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8756
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV