• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga

    Thumbnail
    View/Open
    10. Makalah Revisi_Itsna.pdf (363.2Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Mahmudah, Itsna Dzuriyati
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linier bentuk cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 37 orang siswa yang diambil dari kelas XI IPS 1 MAN Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) sebanyak 42,55% siswa mengalami kesalahan transformasi dengan tingkat kualifikasi kesalahan sedang, (2) sebanyak 32,98% siswa mengalami kesalahan keterampilan proses dengan tingkat kualifikasi kesalahan rendah, dan (3) sebanyak 24,47% siswa mengalami kesalahan penulisan jawaban dengan tingkat kualifikasi kesalahan rendah. Faktor penyebab kesalahan tersebut yaitu kemampuan siswa yang kurang dalam mentransformasikan kata-kata yang ada dalam soal kedalam model matematika yang sesuai, siswa kurang teliti dalam mebuat model matematika, kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam melakukan strategi yang dipilih, kurangnya menguasai materi, tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir atau kesimpulan yang diminta soal, dan terburu-buru sehingga tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8775
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV