Show simple item record

dc.contributor.authorIndriyani, Asih
dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.date.accessioned2017-06-16T06:40:09Z
dc.date.available2017-06-16T06:40:09Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAzwar, S. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka utama. Bakar, Ramli. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 2014, 4(6): 722-732. Padang: Universitas Negeri Padang. Cahyandaru, H. (2013). Kontribusi Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Cleopatra, M. (2015). Kontribusi Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 168-181, 2015 ISSN: 2088-351X. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Feng, Hsiang-Yung. (2013). The Relationship of Learning Motivation and Achievement in Efl: Gender as an Intermediated Variable. ISSNL:2307-3713, ISSN: 23073721, vol. 2 October 2013. Taiwan: National United University. Huntsman, Jill. (2012). The Impact of Membership in Career And Technical Student Organizations (Ctso’s) Upon Student Acheivement. Missouri: Northwest Missouri State University Missouri Ihsani, F. (2013). Hubungan antara Siswa Mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, Vol 3, No 1 (2013). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Iqomuddin, Y. (2013). Kontribusi Keaktifan Siswa dalam Organisasi di Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jariswandana, L. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Pendidikan Matematika Hal. 81-86. Padang: Universitas Negeri Padang. Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sarwar, Gul Shahzad. (2012). Teaching Practices and Student Motivation that Influence Student Achievement on Large-Scale Assessments. International Journal of Education ISSN 1948-5476, 2012, Vol. 4, No. 3. Kanada: University of Ottawa. Sarwoto. (1991). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia. Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. Suryobroto, B.. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Ulya, U. (2012). Kontribusi Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: STAIN Salatiga. Untari, E. (2015). Korelasi Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Organisasi Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015. Media Prestasi Vol. XV No.2 Desember 2015 /_P-ISSN 1979 - 9225 e-ISSN 2356-2692. Ngawi: STKIP PGRI. Yulianto, I. (2012). Kontribusi Motivasi Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus-II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2011-2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8782
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Adakah kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. 3) Adakah kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian berupa pengumpulan data dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Dari populasi seluruh siswa SMA Al Firdaus Pabelan, diambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian diambil dari pengurus OSIS dan pengurus KOMDISWA sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner (angket). Terlebih dahulu angket diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitasnya untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji f dan uji t. Hasil penelitian, 1) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 20,188 serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 66,62% dan 62,53%, 2) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 18,886 serta sumbangan relatif sebesar 33,38% dan sumbangan efektif sebesar 31,33%, 3) ada kontribusi bersama-sama motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan uji f .in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.subjectkeaktifan berorganisasiin_ID
dc.subjectprestasi belajar matematikain_ID
dc.titleKontribusi Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record