Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Diana Purwita
dc.date.accessioned2017-06-17T00:02:14Z
dc.date.available2017-06-17T00:02:14Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationArikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Atmaja, I. M. D. (2014), Ethnomatematika Pencipta Lagu dan Kaitannya dengan Materi Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1). Hasrattudin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 30-42. Mulyadi, Yadi. (Eds.). (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi Bandung. Musser, G. L., Burger, B. E., & Peterson, B. E. (2011). Mathematics for Elementary Teachers A Contemporary Approach 9th eddition. USA: Jhon Wiley & Sons, Inc. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Ramon, O. G., & Oluyemi, A. S. (2012). Classroom Physical Environment, Teaching Materials, Teacher’s Technical Skills and Learning Outcomes in Secondary School Mathematics in Nigeria. European Journal of Humanities and Social Sciences, 16, 821-830. Setiadi, H., Mahdiansyah., Rosnawati., Fahmi., & Afiani, E. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia (Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011). Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Nasional. Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica. Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. Tunde, B., &Gabriella, S. (2011). Examination of Mathematics Textbooks in Use in Hungarian Primary Schools in Romania. Acta Didactica Napocensia, 4(2-3), 47-57.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8785
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian analisis konten terhadap kesalahan isi buku. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku siswa matematika kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2013 (Edisi revisi 2016); 2) Memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan yang ada pada buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian dilakukan dengan cara memberikan gambaran tentang keseluruhan isi buku. Proses analisis pada penelitian ini, yaitu membaca dan menganalisis buku yang menjadi sumber data untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan penyajian berdasarkan objek kajian matematika pada buku tersebut. Hasil penelitian disimpulkan terdapat 5 kesalahan berkaitan dengan fakta, 4 kesalahan berkaitan dengan operasi, 5 kesalahan berkaitan dengan konsep, dan 1 kesalahan berkaitan dengan prinsip. Alternatif perbaikan untuk kesalahan pada buku tersebut, yaitu: penggunaan istilah, lambang, maupun notasi sesuai konvensi; pembenaran hasil operasi yang salah; perbaikan konsep yang belum tepat; dan penyajian prinsip matematika yang utuh.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectAnalisisin_ID
dc.subjectBukuin_ID
dc.subjectKesalahanin_ID
dc.subjectMatematikain_ID
dc.subjectObjek Kajianin_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Objek Kajian Matematika dan Alternatif Perbaikannyain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record