• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Penilaian Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    17.Makalah Revisi_Elis Fitri.pdf (231.4Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Herliani, Elis Fitria
    Sumardi, Sumardi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tentang penilaian diri siswa, mendeskripsikan implementasi penilaian diri siswa dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD, mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD dengan penilaian diri siswa. Berdasarkan pendekatannya penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIIID SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang berjumlah 25 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket, observai, tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil dari angket, observai, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo sudah mengerti tentang penilaian diri tetapi belum menerapkannya terhadap siswa secara optimal (2) hasil ketuntasan pada pertemuan pertama sebesar 36% (8 siswa) dengan rata-rata marginal 70 dan persentase penilain diri 50% (11 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 32% (7 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 18% (4 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C). Pertemuan kedua sebesar 61% (11 siswa) dengan rata-rata marginal 77 dan persentase penialain diri 50% (9 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 33% (6 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 17% (3 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C). pada pertemuan ketiga sebesar 37% (9 siswa) dengan rata-rata marginal 68 dan persentase penialain diri 54% (13 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 29% (7 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 17% (4 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C) (3) kendala yang dihadapi dalam penelitian adalah siswa tidak memperhatikan penjelasan peneliti, kurangnya keantusiasan siswa, teknik penilaian yang digunakan merupakan hal yang baru bagi siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8793
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV