Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ekspositori dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 1 Gatak Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1) Pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi ekspositori dan STAD terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh penggunaanstrategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Gatak tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama. Hasil yang diperoleh dari analisis data dengan taraf signifikansi α = 5% yaitu: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaranterhadap hasil belajar matematika siswa. (2) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Tidak ada interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.