Show simple item record

dc.contributor.authorArtanti, Fauziah
dc.contributor.authorLestari, Tri Kurniah
dc.date.accessioned2017-06-17T02:08:11Z
dc.date.available2017-06-17T02:08:11Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAji Gunawan Setiyadi. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Discovery Learning pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Wonosari. Jurnal Ekuivalen. Alfieri, L., Brooks, P.J., Aldrich, N.J. et al. (2010). Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning?. Journal of Educational Psychology 2011, 103(1), 1-18. Brockbank, A. & McGill, I. (2007). Facilitating Reflective Learning in Higher Education (2 nd ed). New York: McGraw Hill. Brookfield, S. (2000). Understanding and Facilitating Adult Learning. San Fransisco: Josey Bass Publisher. Ediger, M. & Rao, D.B. (2010). Effective School Curriculum. New Delhi: Discovery Publishing House PVT LTD. Erman Suherman, et al. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA. Gilmore, J.V. (1974). The Productive Personality. San Fransisco, California: The Publishing Company. Hosnan, M. (2005). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Jacobsen, D.A., Eggen, Paul. & Kauchak, Donald. (2009). Methods for Teaching, Metode-Metode Pengajaran, Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA (Edisi Ke-8). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kilpatrick, J., Swafford, J. & Findel, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learning Mathematics. Washington DC: National Academy Press. Moh. Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mohammad Ali & Mohammad Asrori. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Slavin, R.E. (2006). Educational Psychology Theory and Practice (6 ed). Boston: Pearson Education, Inc. Syaiful Bahri Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Syaiful Sagala. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Taufik Budi Hermawan. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Saintifik dengan Strategi Discovery Learning pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Mojongedang. Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah. Tito Ekasunu. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Pemecahan Masalah melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 3 Mojongedang. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Utari Sumarmo. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8798
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa setelah menerapkan model discovery learning pada siswa MAN 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua terdiri dari dua pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket, dan tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan tes tertulis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya. Kesimpulan setelah pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu adanya peningkatan kemandirian belajar pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Yogyakarta pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan kepada siswa. Pada pra siklus 70% kemandirian belajar siswa berkategori sedang dan 30% berkategori rendah. Pada siklus I kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 63% berkategori tinggi dan 37% berkategori sedang. Pada siklus II kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 7% berkategori sangat tinggi, 74% berkategori tinggi dan 19% berkategori sedang. Selain itu, dari data hasil observasi kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 71% menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Yogyakarta.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasin_ID
dc.subjectKemandirian Belajar Matematikain_ID
dc.subjectDiscovery Learningin_ID
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di MAN 3 Yogyakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record