Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian: (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. (2) Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK-PM dan guru matematika SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan metode pokok serta metode bantu. Hasil penelitian: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, meliputi (a) kemampuan memberikan penjelasan sederhana dengan menganalisis pertanyaan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 20 siswa (74,07%); (b) kemampuan memberikan penjelasan lanjut dengan mengidentifikasi asumsi meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,85%); (c) kemampuan mengatur strategi dan taktik dengan menentukan dan menuliskan solusi dari permasalahan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 23 siswa (85,19); dan (d) kemampuan menentukan kesimpulan meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 21 siswa (77,78). (2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa, meliputi (a) kreativitas dalam bertanya meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 18 siswa (66,67%); (b) kreativitas dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 15 siswa (55,56%); (c) kreativitas dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,84%) dan (d) kreativitas dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 19 siswa (70,37%)