Show simple item record

dc.contributor.authorNazhifah, Husna
dc.contributor.authorMasduki, M.
dc.date.accessioned2017-06-17T02:33:23Z
dc.date.available2017-06-17T02:33:23Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAnitah W, Sri, Janet Trienke Manoy dan Susanah. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Bondan W, Djamilah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya. Dalam Rusgianto., Hartono,. Jailani,. & Sahid, Penelitian dan Pendidikan Matematika serta Kontribusinya dalam Upaya Pencapaian WCU (World Class University): Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009 (hal. 402-413). Yogyakarta: Yogyakarta State University. Diakses dari (http://eprints.uny.ac.id/7042/1/P25Djamilah%20Bondan%20Widjajanti.pdf). Khumaidi, Mohammad Shilahudin dan Mega Teguh Budiarto. (2013). Jenjang Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuam Matematika Siswa. Jurnal MATHEdunesa, 3(2). Diakses dari (http://ejournal.unesa.ac.id/article/6276/30/article.pdf). Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nofriyandi, Tatang Hermawan dan Jarnawi Afgani Dahlan. 2016. The Enhancement of Student’ Mathematical Problem Solving Ability through Contextual Approach Bamboo Dance Technique Viewed from Mathematical Initial Ability. International Journal of Education and Research, 7(4), 335-346. Diakses dari (http://www.ijern.com/) Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Jurnal ZDM Mathematics Education 29(3), 75-80. Diakses dari (http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf). Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. Leveling Students’ Creative Thinking In Solving And Posing Mathematical Problem. International Conference on Statistics and Mathematics and Its Application in the Development of Science and Technology, 85-89. Diakses dari (https://www.academia.edu/attachments/31423502/download_file?st= MTQ4NzYwNjEyNiwxMjAuMTg4Ljg0LjE1Mg%3D%3D&s=swpsplash-paper-cover) Siswono, Tatag Yuli Eko. 2010. Leveling Students’ Creative Thinking In Solving And Posing Mathematical Problem. IndoMS. J.M.E 1(1), 1740. Diakses dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1078595.pdf). Uno, Hamzah. B dan Kuadrat, Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. U.S., Supardi. 2012. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262. Diakses dari (http://portal.kopertis3.or.id/bitstream/123456789/1598/1/9.%20Supar di%20248-262.pdf). Wardhani, Sri. 2004. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentul Aljabar di SMP. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika Yogyakarta 2004. Diakses dari http://www.(p4tkmatematika.org/downloads/ppp/PPP04_aljabarSMP. pdf).in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8802
dc.description.abstractKreatifitas sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang menekankan kreatifitas seseorang yang digunakan untuk menafsirkan dan menyelesaikan permasalahan matematika. Kreatifitas dalam pemecahan masalah matematika dapat ditinjau dari komponen-komponen yang meliputi: kelancaran, fleksibilitas dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreatifitas mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi aljabar. Subjek penelitian meliputi mahasiswa Pendidikan Matematika semester I kelas B Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 mahasiswa yang mewakili untuk menjadi subjek wawancara. Subjek wawancara yang dipilih yaitu 3 mahasiswa dengan nilai post-test tinggi dan 2 mahasiswa dengan nilai post-test rendah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual materi aljabar sebelum dan sesudah diberikan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah tidak berbeda. Level kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan berada pada level kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectaljabarin_ID
dc.subjectkontekstualin_ID
dc.subjectkreatifitasin_ID
dc.subjectpemecahan masalahin_ID
dc.titleKreatifitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Aljabarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record