Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematik Siswa
View/ Open
Date
2017-05-14Author
Sari, Yuna Ratna
Setyaningsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation(GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Populasi padapenelitianiniadalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-C dan VIII-D. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan metode tes dan angket. Teknik analisis datadilakukan dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fa = 4,256; (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fb = 4,317; dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fab = 0,966.