Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
View/ Open
Date
2017-05-14Author
Arimurti, Shella Aprisa
Setyaningsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (3)menguji kontribusi persepsi siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode propotional random sampling.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh, (1) terdapat kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat kontribusi persepsi siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika, (4) terdapat kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika