• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Uncertainty And Data

    Thumbnail
    View/Open
    30. Makalah Revisi_Ismil Husna.pdf (1.111Mb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Husna, Ismil
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dan faktor penyebabnya dalam memecahkan soal matematika model PISA konten uncertainty and data. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Kartasura. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan selama di lapangan menggunakan model Miles-Huberman yang diawali dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian menggunaka tes yang terdiri dari 6 soal dengan penyelesain menggunakan strategi pemecahan masalah Polya. Analisis kesalahan siswa mengacu pada analisis kesalahan Newman (Newman Error Analysis)yang terdiri dari 4 kategori yaitu pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan penentuan jawaban akhir. Hasil penelitian diperoleh besaran prosentase tiap jenis kesalahan yaitu kesalahan memahami masalah 30%, kesalahan menyusun rencana 18%, kesalahan melaksanakan rencana 53%, dan kesalahan menguji kembali 74%. Secara umum faktor penyebab kesalahan adalah rendahnya kemampuan siswa mengubah masalah ke dalam konteks nyata dan keterampilan dalam melakukan perhitungan matematis. Faktor utama penyebab kesalahan adalah siswa tidak terbiasa mengerjakan soal matematika menggunakan langkah Polya secara runtut.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8813
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV