Show simple item record

dc.contributor.authorNuryati, Neneng
dc.date.accessioned2017-06-17T04:18:12Z
dc.date.available2017-06-17T04:18:12Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationDeparteman Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum SMP/MTs 2006. [Online]. http://www.puskur.net/produkpuskur/kurikulum/Matematika.pdf. [20 Mei 2008] Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Jakarta: Depdiknas Kondor, N. (2006), Special characteristics of engineer students’ knowledge of functions, University of Debrecen, Hungary Ning Endah Sri Rejeki Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII G Semester 2 SMP NEGERI 2 Toroh Grobogan. Jurnal Lemlit, Volume 3 Nomer 2 Desember 2009 Desi Gita Andriani, Tri Atmojo K, Mardiyana3 Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Think Pair Share Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelejeran 2012/2013 Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.1, No.7,hal 651-660, Desember 2013 http://jurnal.pasca.uns.ac.id Ruseffendi, E. T. (1998). Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung Press.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8814
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan matematik mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa Politeknik Negeri Bandung angkatan 2016 Program D-III bidang Tata Niaga. Sampel penelitian berjumlah 62 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling (jurusan Akuntansi, program studi Keuangan Perbankan). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t dua rerata, bila data berdistribusi normal dan homogen, tetapi bila tidak berdistribusi normal pengujiannya menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji MannWhitney. Dikarenakan data tidak berdistribusi normal, maka digunakan uji Mann Whitney. Data yang diolah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran adalah membandingkan dua nilai (nilai postes pada pembelajaran konvensional dan nilai postes pada strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw). Soal tersebut sebelumnya diujicobakan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda dari soal. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKooperatif Jigsawin_ID
dc.subjecthasil belajar mahasiswain_ID
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record