dc.contributor.author | Asmari, Januar Budi | |
dc.date.accessioned | 2017-06-17T06:05:58Z | |
dc.date.available | 2017-06-17T06:05:58Z | |
dc.date.issued | 2017-03-18 | |
dc.identifier.citation | Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. ________. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. ________. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press. Dwi Erviani. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dipandang dariTipe Kecerdasan Siswa. Tesis.UNS Surakarta. Erlyn Yustantina. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa. Tesis. UNS Surakarta. Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Januar Budi Asmari. (2012). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran STAD-KG pada Mata Kuliah Kalkulus I. Proceeding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Sukoharjo: LPPM Univet Bantara. Purwa Atmaja Prawira. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Thomas Amstrong. (2013). Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Jakarta: Indeks. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8817 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan
interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini
merupakan penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
semester II (dua) tahun ajaran 2013/2014 yang menempuh mata kuliah Kalkulus 1 pada Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran
Bangun Nusantara Sukoharjo sebanyak 160 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan
analisis korelasi linear r
dilanjutkan dengan uji signifikasi korelasi dengan uji-t, dengan uji
prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas variabel. Hasil analisis korelasi
diperoleh r
xy
xy
= 0,146999, sedangkan uji signifikasi korelasi mendapatkan hasil t
= 1,699;
DK = {t │t > 1,699}; t
obs
= 0,800308 DK, sehingga H
diterima. Hal ini berarti menunjukkan
bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi
belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | kecerdasan interpersonal | in_ID |
dc.subject | prestasi belajar | in_ID |
dc.title | Hubungan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus I | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |