Analisis Tingkat Kesulitan Soal Pemecahan Masalah dalam Buku Siswa Pelajaran Matematika SMP Kelas IX Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan soal pemecahan masalah dalam buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 ditinjau dari komponen-komponen penyusun soal diantaranya jenis soal, jenis bilangan, jenis operasi, banyak operasi, banyak soal/pertanyaan, kecukupan data, dan kemiripan soal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 semester 1 dan 2 tahun 2015 yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Soal yang dianalisis meliputi soal-soal pemecahan pada contoh soal, latihan soal, dan uji kompetensi. Teknik pengumpulan data dengan cara analisis dokumen. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan soal pemecahan dalam buku ini: (1) ditinjau darijenissoal, jenis bilangan, dan banyak soal termasuk soal mudah; (2) ditinjau dari jenis operasi, kecukupan data, dan kemiripan soal termasuk soal dengan tingkat kesulitan sedang; serta (3) ditinjau dari banyak operasi termasuk soal sulit. Dengandemikian, soal pemecahan dalam buku ini dapat digunakan untuk melatih keterampilan menghitung dan menguasai konsep matematika dalam berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari.