• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Strategi Numbered Heads Together Berbasis Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2016/2017)

    Thumbnail
    View/Open
    32.Makalah Revisi_Nikmah Latif.pdf (1.070Mb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Sari, Nikmah Latif Purnama
    Setyaningsih, Nining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penalaran matematika melalui strategi Numbered Heads Together berbasis Discovery Learning pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas X Akuntansi 1 sebagai subjek yang memberi tindakan dan siswa berjumlah 36 orang yang terdiri dari 34 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki sebagai subjek yang menerima tindakan. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penalaran matematika dengan indikator: 1)Kemampuan siswa mengajukan dugaan sebelum tindakan (belum ada data pendukung), pada siklus I 27.78% dan pada siklus II 73.52%. 2) Kemampuan siswa melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 27.78%, pada siklus I 52.94% dan pada siklus II 97.14%. 3)Kemampuan siswa menarik kesimpulan sebelum tindakan 30.56%, pada siklus I 29.56% dan pada siklus II 97.14%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8820
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV