• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Penilaian Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    33. Makalah Revisi_Gina.pdf (294.4Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Aprilianti, Gina
    Sumardi, Sumardi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa yang diambil dari kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator sebagai berikut: 1) keberanian mengemukakan pendapat menjadi (56,52%), 2) keberanian dalam mengajukan pertanyaan tentang materi atau soal yang belum dipahami menjadi (69,57%), 3) kemampuan dalam berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah dalam LKK menjadi (78,26%), 4) keberanian mengerjakan soal di depan kelas menjadi 60,87%) dan banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥ 75) dari sebelum tindakan (27,27%) menjadi (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui implementasi penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2016/2017.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8821
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV