Implementasi Penilaian Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa yang diambil dari kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator sebagai berikut: 1) keberanian mengemukakan pendapat menjadi (56,52%), 2) keberanian dalam mengajukan pertanyaan tentang materi atau soal yang belum dipahami menjadi (69,57%), 3) kemampuan dalam berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah dalam LKK menjadi (78,26%), 4) keberanian mengerjakan soal di depan kelas menjadi 60,87%) dan banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥ 75) dari sebelum tindakan (27,27%) menjadi (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui implementasi penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2016/2017.