Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random sampling. Sehingga didapatkan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dari populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) ada perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.