Program Magang Asisten Guru Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. (2) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa. (3) Menguji kontribusi pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa. (4) Menguji kontribusi kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah mengikuti Program Magang Asisten Guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 143 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hail penelitian dengan α = 5%, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat konstribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 47% (2) terdapat kontribusi pelaksanakan pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 32,97 % (3) terdapat kontribusi pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 11,74 % (4) terdapat kontribusi kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 2,30 %.