Show simple item record

dc.contributor.authorArdani, Riska Ayu
dc.contributor.authorNingtiyas, Fitri Ayu
dc.date.accessioned2017-06-20T07:50:56Z
dc.date.available2017-06-20T07:50:56Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationBaharuddin dan Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Bassham Gregory, et al. 2011. Critical Thinking “A Student’s Introduction” . New York : McGraw-Hill Education. Bimo, Walgito, 2003. Pengantar Psikologi Umum, Jakarta : Andi. Blake, B., & Pope, T. (2008). Developmental Psychology: Incorporating Piaget’s and Vygotsky’s Theories in Classrooms. Journal of CrossDisciplinary Perspectives in Education, 1 (1), 59-67. English, Lyn D. (2004). ―Mathematical and Analogical Reasoning in Early Childhod‖.In Lyn D English (ED).Mathematical and Analogical Reasoning of YoungLearners. p. 1-17. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. Kartono, Kartini dan Gulo, Dali. (1996). Kamus Psikologi. Bandung: Pioner Jaya. Lindsey E. Richland (2013). “Reducing Cognitive Load in Learning by Analogy” International Journal of Psychological Studies, Vol 5 No. 4 ISSN: 1918-7211. Michael S. Vendetti et al (2015) “ Analogical Reasoning in the Classroom : Insights From Cognitive Science” International Mind, Brain, and Education Society Journal. Vol. 9 No.2 Novick, L. R. (2010). Research on Procedural Transfer in the Solution of Mathematical Word Problems.http://www.vanderbilt.edu/p eabody/novick/proc_trans.html. Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The Psychology of the Child. London and Henley: Routledge & Kegan Paul. Purwanto, M Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya. Rahman, Risqi (2014). “Pengaruh Penggunaan Metode Discovey terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3. No.1 Reys, R. E. et al. (1998) Helping Children Learn Mathematics. 5th edition. Boston, MA: Allyn and Bacon Ruggiero, Vincent R. (2009). The Art of Thinking: A Guide to Critical and Creative Thought. Ninth Edition, Published by Longman. Copyright © 2009 by Pearson Education, Inc. Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika. Tersedia di http://p4tkmatematika.org/downloads/sma/pemecahanmasalah.pdf [diakses 10-12-2016]. Soedjadi, R (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. Sternberg, R. J. (2003). Cognitif Psychology. 3TH Edition. Yale University. Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian. SPs. UPI Bandung: Tidak diterbitkan.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8828
dc.description.abstractMemiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir tanpa bahan pengetahuan, sebaliknya kemampuan berpikir akan memperkaya pengetahuan. Kemampuan berpikir dalam proses belajar matematika salah satunya adalah mengenai kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Matematika merupakan konsep real, relasi atau operasi dan prinsip yang bersifat abstrak sehingga untuk memecahkan masalah tidak cukup hanya dengan pemahaman dasar tetapi dibutuhkan adanya proses berpikir yang tinggi. Bepikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika adalah aktifitas mental siswa dalam menyelesaikan masalah target menggunakan struktur relasional penyelesaian masalah sumber. Berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah melibatkan berpikir untuk mengaitkan pengetahuan yang sudah pernah dialami dengan permasalahan yang akan diselesaikan. Beberapa hasil penelitian dan kajian teori menunjukkan bahwa berpikir analogi menjadi suatu hal yang penting dalam mengembangkan tingkat kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectberpikir analogiin_ID
dc.subjectmatematikain_ID
dc.subjectpemecahan masalahin_ID
dc.titlePeran Berpikir Analogi Dalam Memecahkan Masalah Matematikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record