Show simple item record

dc.contributor.authorHeruningsih, Riya Januar
dc.contributor.authorSumardi, S.
dc.date.accessioned2017-06-21T01:09:44Z
dc.date.available2017-06-21T01:09:44Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationBasuki, Ismet Basuki., Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Djam’an, dkk. 2011. Metode Panelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja. Depdiknas (Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika), 1-29. Khaeriyah, Siti., dkk. 2011. Implementasi Lesson Study Menerapkan Model STAD Untuk Meningkatkan Interaksi, Eksplorasi, dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2): 28-38. Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya: Bandung. Made Adnyana, Dewa, dll. 2014. Implementasi asesmmen kinerja terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI SMK Pariwisata Ganesha Ubud. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, (5). Moloeng, Lexy. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta. Rusman. 2011. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada: Jakarta. Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika: Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(2), 92-95. Subadi,Tjipto. 2010. Lesson Study Berbasis PTK.Surakarta: BP-FKIP UMS. Tuerah, Philoteus Erwin Alex . 2014. Dampak Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika SMP Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2): 234-245 Patilima, hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8834
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesiapan guru SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo terhadap penilaian kinerja, (2) proses pembuatan instrumen penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika, (3) penerapan implementasi penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika berbasis lesson study., (4) kendala pelaksanaan penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika berbasis lesson study. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, tes, dan FGD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) guru SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo belum siap dalam melaksakan penilaian kinerja, (2) dalam pembuatan instrumen guru masih kebingungan tapi seiring adanya penelitian guru Muhammadiyah 1 Sukoharjo sudah bisa membuatnya, (3) Pelaksanaan implementasi penilaian kinerja pada pembelajaran matematika berbasis lesson study mengalami fluktuasi pada nilai ratarata matematika siswa dan keaktifan siswa di sekolah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. (4) Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika berbasis lesson study yaitu: (1) Bagi guru: kesulitan dalam penerapan penilaian kinerja karena belum terbiasa dan terlalu banyak aspek yang di nilai sehingga kesulitan dalam mengatur penilaiannya. (2) Bagi Siswa:siswa belum terbiasa dengan pembelajaran menggunakan penilaian kinerja, sehingga banyak siswa yang masih kebingungan ; banyak siswa yang tidak tertarik dan kurang semangat saat pembelajaran bahkan malah gaduh sendiri: pada penilaian kinerja, banyak soal-soal atau tes-tes yang harus dikerjakan sehingga banyak siswa yang malas untuk mengerjakan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpenilaian kinerjain_ID
dc.subjectlesson studyin_ID
dc.subjectpembelajaranin_ID
dc.titleImplementasi Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Pada SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjoin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record