dc.identifier.citation | Basuki, Ismet Basuki., Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Djam’an, dkk. 2011. Metode Panelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja. Depdiknas (Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika), 1-29. Khaeriyah, Siti., dkk. 2011. Implementasi Lesson Study Menerapkan Model STAD Untuk Meningkatkan Interaksi, Eksplorasi, dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2): 28-38. Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya: Bandung. Made Adnyana, Dewa, dll. 2014. Implementasi asesmmen kinerja terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas XI SMK Pariwisata Ganesha Ubud. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, (5). Moloeng, Lexy. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta. Rusman. 2011. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada: Jakarta. Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika: Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(2), 92-95. Subadi,Tjipto. 2010. Lesson Study Berbasis PTK.Surakarta: BP-FKIP UMS. Tuerah, Philoteus Erwin Alex . 2014. Dampak Lesson Study Dalam Pembelajaran Matematika SMP Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2): 234-245 Patilima, hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesiapan guru SMP Muhammadiyah 1
Sukoharjo terhadap penilaian kinerja, (2) proses pembuatan instrumen penilaian kinerja dalam
pembelajaran matematika, (3) penerapan implementasi penilaian kinerja dalam pembelajaran
matematika berbasis lesson study., (4) kendala pelaksanaan penilaian kinerja dalam
pembelajaran matematika berbasis lesson study. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di
SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang
berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi,
tes, dan FGD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu pengumpulan data,
reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)
guru SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo belum siap dalam melaksakan penilaian kinerja, (2)
dalam pembuatan instrumen guru masih kebingungan tapi seiring adanya penelitian guru
Muhammadiyah 1 Sukoharjo sudah bisa membuatnya, (3) Pelaksanaan implementasi penilaian
kinerja pada pembelajaran matematika berbasis lesson study mengalami fluktuasi pada nilai ratarata
matematika
siswa
dan
keaktifan
siswa
di
sekolah
menjadi
lebih
baik
dari
waktu
ke
waktu.
(4)
Kendala
yang dihadapi dalam implementasi penilaian kinerja dalam pembelajaran matematika
berbasis lesson study yaitu: (1) Bagi guru: kesulitan dalam penerapan penilaian kinerja karena
belum terbiasa dan terlalu banyak aspek yang di nilai sehingga kesulitan dalam mengatur
penilaiannya. (2) Bagi Siswa:siswa belum terbiasa dengan pembelajaran menggunakan penilaian
kinerja, sehingga banyak siswa yang masih kebingungan ; banyak siswa yang tidak tertarik dan
kurang semangat saat pembelajaran bahkan malah gaduh sendiri: pada penilaian kinerja, banyak
soal-soal atau tes-tes yang harus dikerjakan sehingga banyak siswa yang malas untuk
mengerjakan. | in_ID |