Show simple item record

dc.contributor.authorAdinata, Yuda Candri
dc.contributor.authorSutama
dc.date.accessioned2017-06-21T01:21:18Z
dc.date.available2017-06-21T01:21:18Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAgustini, N. M. Y. A., & Sudhana, H. (2014). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Terhadap Konsentrasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Mengerjakan Soal Ulangan Umum. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 271-278. Alastuey, M. C. B., & Agullo, G. L. (2015). Explicit Instruction and Implicit Use Of L2 Learning Strategies in Higher Secondary EFL Course Books. International Journal of English Studies, 15(2), 17-39. Arifin, L. A., & Prihanto, J. B. (2015). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikanjasmani/issue/archive. Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Daya Pemahaman pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30-33. Diantini., Fadiawati, N., & Rudibyani, R. B. (2015). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 391-402. Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. Kemendikbud. (2016). Hasil Survei PISA Peningkatan Capaian Indonesia termasuk Empat Besar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http:// kemdikbud.go.id go.id. ___________. (2015). Mendikbud Rata-Rata Ujian Nasional Naik 0,3 Poin. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http:// kemdikbud.go.id go.id. Khaiyali, A. T. S. A. (2014). ESL Elementary Teachers’ Use of Children’s Picture Books to Initiate Explicit Instruction of Reading Comprehension Strategies. Canadian Center of Science and Education,7(2), 90-102.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8835
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran sentral dalam membangun dan memajukan suatu bangsa. Pelaksanaan pendidikan seharusnya mengarahkan siswa menjadi pribadi yang fokus dalam mengembangkan potensi diri. Matematika membutuhkan konsentrasi yang optimal dalam proses pembelajaran, sehingga dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus bervariasi, sehingga menarik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Menguji pengaruh strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika; (2) Menguji pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika; (3) Menguji interaksi strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning dengan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII Semester Ganjil Tahun ajaran 2016/2017 SMP Batik Surakarta dengan populasi seluruh siswa kelas VII sejumlah 302. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Kelas yang menjadi sampel pada penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Ada pengaruh antara strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning ditinjau dari konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectexplicit instructionin_ID
dc.subjectdiscovery learningin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectkonsentrasi belajarin_ID
dc.titleDampak Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsentrasi Belajar Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record