Proses Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-AP4 SMK Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017
Date
2017-03-18Author
Ningsih, Maya Kristina
Sujadi, Imam
Subanti, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa kelas XI AP-4
SMK Negeri 2 Madiun yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan sedang dalam pengajuan
masalah matematika. Pengambilan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling.
Berdasarkan skor akhir angket motivasi belajar siswa diambil tiga siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi, dan tiga siswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Selanjutnya subjek terpilih
diberikan tes pengajuan masalah matematika (TPMM) untuk mengetahui proses berpikir kreatif
siswa dalam mengajukan masalah matematika. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini
digunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan melakukan
pengumpulan data dari TPMM dan wawancara dengan subjek penelitian kemudian menyusun
deskripsi pengajuan masalah matematika siswa dalam bentuk uraian singkat. Hasil dari
penelitian ini adalah: siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu mengajukan masalah hanya
dengan membaca sekali petunjuk dan informasi yang diberikan. Kemudian menuliskan masalah
tersebut pada lembar jawab dan menjelaskan prosedur penyelesaian masalah yang diajukan serta
menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Siswa dengan motivasi belajar sedang perlu
membaca kembali petunjuk dan informasi yang diberikan supaya dapat mengajukan masalah. .
Siswa terlihat kurang tenang dan dalam menuliskan masalah yang diajukan beberapa kali
terdiam. Kemudian menjelaskan prosedur penyelesaian masalah dan menyelesaian pemecahan
masalah tersebut pada lembar jawab.