Show simple item record

dc.contributor.authorMustafa, Sriyanti
dc.contributor.authorSari, Vernita
dc.date.accessioned2017-06-21T01:49:04Z
dc.date.available2017-06-21T01:49:04Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAlvonco, J. (2012). Arti Berpikir. Diakses dari http://johnsonalvonco.blogspot.com/ Creswell, J. W. (2012). Research Desain Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Dhoruri, A., Rosnawati, R., & Wijaya, A. 2009. Pengembangan Student Worksheet Berbasis Matematika Realistik untuk Pembelajaran Matematika Secara Bilingual di Sekolah Menengah Pertama, diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131568306/makalah%20RG%202 009%20Student%20Worksheet.pdf Fransworth, D. (2009). Math Performance as a Function of Math Anxiety and Arousal Performance Theory, diakses dari (http://eric.ed.gov/?id=ED513894 Hiszu Ho, DA., Lam, J M., Zimmer, SH, & Yukari Okamoto. (2000). The Affective and Cognitive Dimensions of Math Anxiety: a Cross-National Study. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 31, No. 3. Holt, J. (2012). Bagaimana Siswa Belajar. Jakarta: Erlangga. Inra, A. R. (2010). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar. Diakses dari http://arons04.blogspot.com/2010/01/pedoman-umum-pengembanganbahan-ajar.html. Joyce & Weil. (1986). Models of Teaching, 9th Edition. USA: Prentice-Hall. Mason, J., Burton L. & Stacey, K. (2010). Thinking Mathematically. Inggris: Pearson Education Limited. Murphy, M. (2012). Process versus Product: A Glimpse into Students’ Mathematical Thinking. Rising Tide. Vol. 5, 1-20. Diakses dari http://web1.smcm.edu/educationstudies/pdf/rising-tide/volume5/Murphy.pdf. Ostroff, W. L. (2013). Memahami Cara Anak-anak Belajar. Jakarta: PT.Indeks. Mustafa, S. (2015). Proses Berpikir Matematis dalam Representational Gesture Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Siswa Autis). Disertasi tidak diterbitkan. Malang. Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., Russell, J.D. (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning. Designing Instruction, Integrating Computers, and Using Media (second edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Scusa, Toni. (2008). Five Processes of Mathematical Thinking. (Online). (http://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1030&contex t=mathmidsummative, diakses 4 Februari 2013). Tall. D. (2002). Advanced Mathematical Thinking. New York: Kluwer Academic Publishers.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8841
dc.description.abstractBerpikir matematis dapat dipandang sebagai suatu cara memahami masalah matematika dengan menyusun berbagai sumber kajian terhadap objek-objek matematika. Untuk mendukung kemampuan berpikir matematis siswa, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan worksheet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa dengan menggunakan Jurnal Tugas Matematika Siswa (student worksheet). Student worksheet disusun secara terpadu sesuai materi pelajaran matematika yang dipelajari siswa di sekolah, disertai tugas-tugas matematika/masalah/soal yang menuntun siswa untuk berpikir matematis. Subjek penelitian adalah siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Parepare. Pengumpulan data dilakukan pada siswa SMA dengan memberikan worksheet untuk digunakan siswa menyelesaikan tugas-tugas matematika. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara eksploratif. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka disimpulkan bahwa lembar worksheet digunakan sebagai media untuk mengungkap ide/gagasan pengetahuan siswa terhadap masalah matematika, sehingga dapat menggambarkan proses berpikir siswa. Untuk itu, kemampuan berpikir matematis siswa yang dideskripsikan sebagai berikut: (1) tahap identifikasi masalah, dilakukan dengan mengungkap unsur-unsur yang diketahui, unsur yang ditanyakan, memberikan istilah dan menggunakan simbol matematika, serta merancang penyelesaian, (2) tahap pengelompokkan masalah, dilakukan dengan menempatkan istilah/simbol yang telah diidentifikasi dan menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan (3) penarikan kesimpulan, dilakukan dengan mengaitkan masalah matematika dikehidupan seharihari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectberpikir matematisin_ID
dc.subjectworksheetin_ID
dc.titleDeskripsi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dengan Menggunakan Worksheetin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record