Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Sihaloho, Fahmi Ashari S.
Artin, Andri Azhari
Ediyono, Suryo
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perhatian orang tua dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui hal ini
diharapkan guru dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar dengan
pendekatan psikologis terhadap siswa. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa
kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2015/2016dengan populasi sebanyak
243 siswa dan sampel sebanyak 85 siswa dengan metode proporsional random
sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi.Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh hasil uji variable
perhatian orang tua berpengaruh secara posistif dengan nilai thitung sebesar 8,653
dan hasil uji hipotesis parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar
menunjukkan hasil berpengaruh secara positif dengan nilai thitung sebesar 2,446.
Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil perhatian orang tua
dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung sebesar 68,806.
Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6266 yang
artinya perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap
prestasi belajar ekonomi sebesar 62,66% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah ada pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi
SMA Swasta Prayatna Medan T.P.2015/2016.