Show simple item record

dc.contributor.authorSihotang, Ijah Mulyani
dc.contributor.authorMunthe, Dewi Sartika
dc.date.accessioned2017-07-17T04:31:25Z
dc.date.available2017-07-17T04:31:25Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationDepartemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia pustaka Utama. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Duwi Novita, 2014. Tingkatan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika menggunakan Tes Superitem, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.2, No.1, Maret 2014 ISSN: 2337- 8166 Muldayanti N.D, 2013, Pembelajaran Biologi Model STAD Dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, volume 1 hal 12- 17 Ramaikis Jawati , 2013, Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II, Spektrum PLS, Vol. I, No.1, April 2013 hal 250 - 263 Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Obor Indonesia Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.issn2503‐4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8873
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif akuntansi siswa. penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan diterapkannya pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampua kognitif siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaannya dilakukan melalui dua siklus PTK yang dilaksanakan pada sekolah SMK Negeri 1 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah dengan tes dan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Kemampuan kognitif siswa dalamhal ini dapat diukur dari hasil belajar akuntansi yang didapat melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adnya peningkatan kemampuan kognitif akuntansi siswa. hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus pertama diperoleh rata-rata hasil belajar 67,70 dengan 40,54 % yang tuntas dan sebesar 59,46 yang tidak tuntas. Pembelajaran dilanjutkan pada siklus kedua, selanjutnya dilakukan tes hasil belajar dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,43 dimana terdapat 89,19 orang yang tuntas dan sebanyak 10,91 % yang tidak tuntas.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectStudent Teams Achievement Divisionin_ID
dc.subjectKognitifin_ID
dc.subjectAkuntansiin_ID
dc.titlePembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record