Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Ak 1 SMK N 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri 4
Klaten tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu
data yang berbentuk kata, kalimat dan skema. Subyek penerima tindakan
penelitian adalah siswa kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran
2016/2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada
lima tahap yaitu permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran
2016/2017. Hal ini dibuktikan sebelum adanya tindakan, prosentase kemampuan
berpikir kritis siswa hanya sebesar 35,65%, sedangkan setelah adanya tindakan
siklus I kemampuan berpikir kritis siswa terlihat mengalami peningkatan
mencapai 57,86% dan setelah tindakan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa
secara keseluruhan mengalami peningkatan hingga menjadi 83,78%.