Internalisasi Karakter Entrepreneur dalam Pembelajaran Ekonomi
Abstract
Peningkatan mutu pembelajaran ekonomi akuntansi terus dilakukan dan terus
berlangsung untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Untuk itu kehadiran guru
yang profesional dan berkarakter entrepreneur dalam proses belajar mengajar
mermberi makna yang tinggi. Guru harus bisa membangun kolaborasi dengan peserta
didik agar terjadi interaksi yang menimbulkan suasana belajar yang kondusif,
sehingga tugas dan tanggung jawab utama guru mengelola pembelajaran dengan
lebih efektif, efisien dan dinamis, ditandai dengan tingkat kesadaran dan keaktifan
antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan lebih
bermakna bila dalam proses pembelajaran di warnai dengan pembentukan dan
internalisasi karakter entrepreneur. Adapun tahapannya meliputi 1) pengenalan
karakter entrepreneur yang meliputi disiplin, aktif, kreatif , inovatif dan produktif.
2) penanaman karakter entrepreneur pada peserta didik melalui sikap dan perilaku,
3) internalisasi karakter entrepreneur melalui strategi pembelajaran yang
menumbuhkan berpikir kritis dan kreatif.